Senandung Hikmah

PROTOKOL MUBA TERAPKAN METODE BARU "PROTOTAINMENT"

PROTOKOL MUBA TERAPKAN METODE BARU "PROTOTAINMENT"

Sekayu -

Reformasi birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencapai good governance. Melihat pengalaman sejumlah Negara menunjukan bahwa reformasi birokrasi merupakan langkah awal untuk mencapai kemajuan sebuah Negara. Melalui reformasi birokrasi, dilakukan penataan terhadap system penyelenggaraan pemerintahan yang tidak hanya efektif dan efesien tapi juga reformasi birokrasi menjadi tulang punggung dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Begitu juga Reformasi birokrasi di Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang telah diterapkan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Bagian Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Muba dalam mendukung reformasi birokrasi tersebut telah menerapkan suatu metode baru.

Menurut, Dicky Meiriando SSTP MH Kabag Protokol Setda Kabupaten Muba, latar belakang konsep metode baru keprotokolan ini disebabkan
antusias audien untuk hadir dan menyaksikan  acara resmi pemerintahan kurang. Sehingga sering terjadi acara tersebut cenderung sepi audien. Untuk antisipasinya, terkadang menggunakan pendekatan pemaksaan untuk hadir, seperti menyiapkan absen ditempat acara bagi PNS atau pelajar/mahasiswa, jika tidak hadir maka akan diberikan sanksi.

Itu disebabkan, lanjutnya, acara yang dilaksanakan secara rutin baik mingguan, bulanan, semesteran ataupun tahunan dengan audien yang sama, kemasan yang sama, pengisi acara yang sama, dekorasi yang sama dan konten acara yang sama. Sehingga, membuat audien menjadi jenuh dan membosankan. Kehadiran audien pada acara itu hanya "formalitas belaka" atau sekedar "setor muka" kepada atasan dan tidak menutup kemungkinan jadi ajang "lomba tidur" ketika acara sedang berlangsung.

Berangkat dari persoalan tersebut diatas, kata Dicky yang baru-baru ini diwawancarai Tim Beritamuba.com,  Bagian Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Muba menggagas suatu ide tentang metode baru dalam pelaksanaan acara resmi pemerintahan yang diberi nama "PROTOTAINMENT".

"Prototainment adalah perpaduan kata Protocol dan Entertainment. Protocol berarti aturan dalam penyelenggaraan acara resmi pemerintahan, sedangkan Entertainment berarti hiburan. Dengan demikian dapat disimpulkan secara harfiah, Prototainment adalah suatu metode penyelenggaraan acara resmi pemerintahan yang dikombinasikan dengan hiburan yang kreatif dan inovatif. Sehingga pejabat maupun audien yang menghadiri atau menyaksikan acara pemerintahan tidak lagi mengalami kejenuhan atau kebosanan," jelas ASN yang pernah menjabat Camat Plakat Tinggi dan Kabag Humas ini.

Ia juga menambahkan adanya metode Prototainment diharapkan acara resmi pemerintahan yang diselenggarakan, akan terlihat lebih menyenangkan layaknya sedang menonton TV Show, tentu hal ini diharapkan pula dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menyaksikan acara-acara resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Dalam penerapan metode Prototainment, jabarnya, Petugas Protokol dituntut untuk bekerja layaknya kru Event Organizer (EO). Dimana Petugas Protokol harus memahami manajemen even. Petugas Protokol tidak zamannya lagi hanya tahu beres saja. Petugas protokol harus terlibat dari mulai konsep perencanaan, pelaksanaan sampai dengan pengawasan penyelenggaraan acara. Tentu pekerjaan ini harus dikelola secara profesional, sistematis, efisien dan efektif agar acara yang dilaksanakan membuat unsur 5P, yaitu : (1) Penyelenggara Acara, (2) Pelaksana Acara, (3) Pengisi Acara, (4) Penonton Acara dan (5) Pengamat Acara, semuanya menjadi Puas.

"Guna mengimplementasikan gagasan tersebut Bagian Protokol Setda Kabupaten Muba telah membentuk Tim Pelaksana Acara yang personilnya dari pegawai Protokol dibantu oleh Tim Kreatif yang personilnya dari praktisi event organizer. Dengan adanya kolaborasi antara Tim pelaksana Acara dan Tim Kreatif diharapkan acara-acara resmi pemerintahan di Kabupaten Musi Banyuasin dapat disajikan dengan konsep yang selalu berbeda dan memiliki kesan sehingga ini dapat mendorong minat audien untuk menonton acara-acara pemerintahan," tutupnya

Online Paper Updated at: 15.18.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top