Senandung Hikmah

MUBA USULKAN PEMETAAN DESA GAMBUT DI UPDATE

MUBA USULKAN PEMETAAN DESA GAMBUT DI UPDATE

Sekayu -

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 1 tahun 2016, Badan Restorasi Gambut (BRG) diberikan tugas untuk mengkoordinasikan dan memfasilitasi terkait restorasi gambut di 7 (tujuh) Provinsi. Salah satu dari provinsi target restorasi adalah Sumatera Selatan (Sumsel), termasuk didalamnya adalah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba).

Plt Bupati Beni Hernedi,menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Pemkab Muba) yang mendukung penuh program restorasi gambut yang digencarkan pemerintah pusat melalui BRG. " Negara sudah hadir dengan membentuk BRG, saya ingin masyarakat tau dan sudah seharusnya merasa ikut bertanggung jawab terhadap tantangan yang kita hadapai bersama saat ini, peran gambut dalam menjaga ekosistem kawasatan hutan sangat penting, mari bersama- sama kita cegah kerusakan lahan gambut akibat pembukaan lahan dan pembakaran lahan," kata Beni, dalam acara sosialisasi program restorasi gambut Musi Banyuasin di Auditorium Sekayu, Jum'at(14/10/2016).

"Berdasarkan data terakhir yang kami dapati, bahwa Musi Banyuasin memiliki hampir 25% lahan gambut dari keseluruhan total luas lahan gambut di Provinsi Sumsel, terkait luasan lahan gambut ini kami merasa perlu mengusulkan agar kedepan dilaksanakan pemutakhiran data pemetaan desa gambut. Sehingga kita tahu dan dengan begitu kebijakan daerah dalam menangani itu dapat lebih mudah, tepat dan terarah," tambahnya.

Terkait Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), Beni mengatakan, Pemkab Muba akan berkoordinasi sebaik-baiknya dan secepat-cepatnya dengan pihak terkait. Tujuannya agar permasalahan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi tahun ini tidak terjadi lagi. Kebijakan tersebut diambil dalam rangka percepatan pemulihan kawasan dan pengembalian fungsi hidrologis gambut akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara khusus, sistematis, terarah, terpadu dan menyeluruh.

Acara sosisalisasi yang dilaksanakan berkat kerjasama Pemkab Muba dan BRG pusat, BRG Provinsi Sumsel yang dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan Myrna A. Safitri, Deputi Bidang Kontruksi, Operasi dan Pemeliharaan Alue Dohong, Kadis Kehutanan ,Kepala BAPPEDA, Para Camat atau perwakilan, Kades  se Kabupaten Muba dan para undangan lainnya.
Myrna A. Safitri, dalam sambutanya mengajak Pemerintah Daerah dan seluruh lapisan masyarakat bersama-sama bersinergi melalui koordinasi dengan kementrian terkait dan pemerintah daerah sehingga program ini dapat berjalan seperti yang diharapkan.

"kami hadir disini dapat berdialog, bertukar pikiran serta masukan mengenai tanah gambut di Muba. Yang jelas, di Indonesia ada sebanyak 7 Provinsi dan 4 Kabupaten yang salah satunya Kabupaten Muba, hal ini sangat penting sekali untuk kita menanggulangi lagi dan melestarikannya serta kami bertanggung jawab atas kerja di wilayah kami sesuai dengan aturan dan prosedurnya," ungkapnya.

(Penulis: Charles , Editor: Basori)

Online Paper Updated at: 18.35.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top