Senandung Hikmah

MUBA SIAP WUJUDKAN KOTA LAYAK ANAK

MUBA SIAP WUJUDKAN KOTA LAYAK ANAK

Sekayu

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menjadi salah satu daerah di Provinsi Sumatera Selatan yang kini tengah mempersiapkan diri untuk menjadi Kota Layak Huni (KLA) yang akan di launching bertepatan dengan peringatan hari anak nasional tahun 2017 mendatang.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, berbagai persiapan telah dilakukan oleh Pemkab Muba diantaranya dengan membentuk gugus tugas KLA. Gugus tugas KLA bertugas mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan bersama dengan dinas instansi dan organisasi sosial kemasyarakatan, mengidentifikasi kondisi sosial budaya dan isu yang terkait dengan perlindungan anak, ekonomi dan pembangunan, dan memperjuangkan hak-hak anak.

Demikian diungkapkan  Drs HM Yusuf Amilin selaku ketua Harian Gugus Kerja KLA Muba dalam rapat koordinasi tindak lanjut hasil workshop pengembangan dan sosialisasi dan advokasi pembentukan kelompok kerja penaganan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), di ruang rapat Bappeda, Selasa(11/10/2016).

"Gugus kerja KLA ini berfungsi sabagai salah satu upaya agar hak-hak anak dapat dipenuhi dan mengkoordinasikan program kegiatan yang berpihak pada anak sebagai gerakan dalam rangka perlindungan anak," tambahnya.

Sementara itu, Asisten II Ir Sulaiman Zakaria MT yang mewakili Bupati menyampaikan apresiasi sekaligus dukungannya atas dibentuknya gugus kerja KLA tersebut, menurutnya kegiatan ini adalah langkah positif yang harus didukung oleh semua pihak. "Karena anak-anak adalah aset yang kelak akan menjadi penerus bangsa kita, oleh karena itu pemerintah wajib memberikan perhatian khusus terkait pendidikan, pemenuhan hak-hak dasar anak serta penanganan khusus anak berkebutuhan khusus," tegasnya.

"Mari kita maksimalkan fungsi dan tugas gugus kerja KLA sehingga cita-cita menjadikan Muba sebagai Kabupaten /Kota layak huni dapat terwujud", pungkasnya.

Ditempat yang sama perwakilan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumatera Selatan, Saharudin SE MM mengatakan bahwa Kabupaten Muba satu-satunya daerah yang dinilai paling siap dalam mewujudkan KLA pada tahun 2017 mendatang.

"Beberapa program yang menjadi nilai plus Pemkab Muba, bahwa di Muba telah dilaksanakan program Akte kelahiran gratis, program Bina keluarga Balita, wajib belajar 12 tahun termasuk Sekolah Luar biasa dan Inklusi, Puskesmas Ramah anak dan Sekolah Sehat," tukasnya.

(Penulis: Charles , Editor: Basori)

Online Paper Updated at: 18.19.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top