Senandung Hikmah

PEMKAB MUBA LAKSANAKAN PP NOMOR 18 TAHUN 2016

PEMKAB MUBA LAKSANAKAN PP NOMOR 18 TAHUN 2016

Sekayu -

Dalam rangka mengoptimalisasi perangkat daerah, Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar rapat koordinasi yang dipimpin langsung Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Muba H Rusli SP MM, di Ruang Rapat Serasan Sekate Pemkab Muba, Jumat (2/9/2016).

Plt Sekda Muba mengatakan beberapa bulan terakhir Pemkab Muba sudah dinilai oleh tim dari Kementrian Dalam Negeri untuk menentukan tipe-tipe Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan sekarang hasil penilaian tersebut sudah diterima oleh Pemkab Muba.

"Sangat penting untuk kita sampaikan dalam rapat ini, karena berkaitan dengan pembahasan RAPBD Muba Tahun Anggaran 2017," ujarnya.

Kepala Bagian Organisasi Setda Muba H Zulkarnain SE MSi dalam hal ini sebagai leading sektornya memaparkan bentuk dan susunan perangkat daerah Kabupaten Muba berdasarkan peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

"Berdasarkan Peraturan Pemerintah Rapublik Indonesia Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah Pasal 2, dalam menetapkan bentuk Perangakt Daerah dilakukan atas asas: pertama urusan Pemerintah yang menjadi kewenangan daerah, kemudian intensitas urusan Pemerintah dan potensi daerah, efisiensi, efektivitas, pembagian habis tugas, rentang kendali, tata kerja yang jelas dan fleksibilitas," ungkapnya.

Lanjut Zulkarnai, dari hasil validasi yang dilaksanakan Kemendagri menentukan Tipe A sekretariat, terdiri dari tiga asisten dan satu sekretaris, untuk Dinas Daerah Kabupaten Tipe A, terdiri dari empat bidang dan satu sekretaris, sedangkan Tipe B pada Dinas Daerah Kabupaten yakni terdiri dari tiga bidang satu sekretaris.

Adapun bentuk dan susunan perangkat daerah Kabupaten Muba sebagai berikut:  Sekretariat Daerah Kabupaten Muba merupakan Sekretariat Daerah Tipe A, Sekretariat DPRD Muba merupakan Sekretariat DPRD Tipe A, Inspektorat Daerah Kabupaten merupakan Inspektorat TIpe A.

Kemudian Dinas Daerah Kabupaten Muba, terdiri dari: Dinas Pendidikan Tipe A, Dinas Kesehatan Tipe A, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tipe A, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Tipe B, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tipe A, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Tipe B, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tipe B, Dinas Ketahanan Pangan Tipe A, Dinas Lingkungan Hidup Tipe A, Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tipe A, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Tipe A. Kemudian Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Tipe A, Dinas Perhbungan Tipe B, Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Tipe A, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah Tipe B, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Tipe A, Dinas Pemuda Olahragga dan Pariwisata Tipe A, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tipe A, Dinas Perikanan Tipe A, Dinas Pertanian dan Peternakan Tipe A, Dinas Perkebunan Tipe A dan Dinas Sosial Tipe A.

Selanjutnya Badan Daerah Kabupaten Muba ada lima yang terdiri dari, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Badan Pengelolaan Pajak dan Retrebusi Daerah , Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah, dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik seluruhnya Tipe A. Untuk Satuan Polisi Pamong Praja juga Tipe A.

Dari paparan Kepala Bagian Organisasi Setda Muba tersebut, Plt Sekda Muba mengatakan ada beberapa SKPD yang digabung dan dipecah, untuk itu Rusli menghimbau kepada pimpinan SKPD terkait untuk menyusun tugas pokok dan fungsi masing-masing SKPD paling lambat tanggal 9 September 2016 mendatang.

"Susunan tupoksi masing-masing SKPD tersebut akan segera kita sampaikan ke DPRD Muba, yang kemudian kita sampaikan ke Bagian Organisasi Provinsi Sumatera Selatan," tambah Rusli.

(Penulis: Rendy Pradana , Editor: Basori)

Online Paper Updated at: 09.08.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top