Senandung Hikmah

PAKAI PLTS SEMENTARA, 7 DESA DI OKI BUTUH ALIRAN LISTRIK

PAKAI PLTS SEMENTARA, 7 DESA DI OKI BUTUH ALIRAN LISTRIK

Kayu Agung -

Kendati sebagian besar wilayah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sudah mendapat pasokan listrik, namun masih ada 7 desa lagi dari 4 kecamatan yang hingga saat ini belum bisa menerima listrik.

Kondisi geografis desa yang berada di perairan membuat akses listrik jaringan belum memungkinkan untuk masuk.

Kasi penunjang usaha ketenaga listrikan Dinas Pertambangan dan Energi (Distambeng) OKI, Irfan mengatakan, untuk empat kecamatan dan desa tersebut meliputi Cengal untuk desa Talang Rimba, Sukarame, dan Ulak Kedondong.

Selanjutnya Kecamatan Sungai Menang di desa Sungai Tepuk dan Talang Udikan.

Lalu Kecamatan Pedamaran Timur untuk Desa Gelumbang Jaya dan Kecamatan Tanjung Lubuk untuk Desa Panggarayan.

"Tujuh desa tersebut sangat susah dijangkau karena lokasi yang berada di perairan dan tidak memungkinkan dipasang jaringan. Apalagi untuk membangun kontruksi jaringan butuh struktur tanah yang padat, dan kita tak mungkin menanam tiang pancangnya di sungai," ujarnya saat dihubungi, Jumat (23/9/2016).

Ia menambahkan, sementara menunggu kucuran dana selanjutnya untuk pendistribusian listrik ini, pihaknya berinisiatif memberikan listrik melalui genset dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Untuk PLTS ini ada jenis komunal dan rumah.

"Kalau untuk komunal, ada 1 gardu untuk mengaliri beberapa rumah. Itu pun rumahnya harus berkelompok. Sedangkan untuk PLTS rumah dipasang per rumah," ungkapnya.

Penulis: Yuliani

Online Paper Updated at: 11.13.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top