Senandung Hikmah

KPAID MUBA CONTOH BAGI DAERAH LAIN

KPAID MUBA CONTOH BAGI DAERAH LAIN

Sekayu -

Mengapresiasi Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) yang sudah bisa diperhitungkan di tingkat provinsi hingga nasional, sehingga banyak KPAID daerah lain yang ingin belajar dari KPAID Muba, ini patut membanggakan kita sebagai Pemerintah Kabupaten Muba.

Demikian diutarakan Asisten III Setda Muba, H Ibnu Saad SSos MSi mewakili Plt Sekda Muba saat menerima kunjungan komisioner KPAID Muba yang diketuai Wahidin Sudiro Husodo SAg, Jum'at (9/9/2016), di ruang Rapat Randik Setda Muba. Turut hadir pula pada audiensi tersebut perwakilan Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Muba.

"Kami Pemkab Muba mengapresiasi atas kerja keras komisioner KPAID Muba yang telah mampu menyelesaikan berbagai permasalahan terkait pengawasan dan perlindungan anak di Kabupaten Muba ini, tentu kami Pemkab Muba juga menyikapi secara serius dan mendukung dalam permasalahan yang terjadi pada ruang lingkup anak-anak di Kabupaten Muba, sehingga keberadaan pemerintah dalam menngani perkembangan yang terjadi betul-betul nyata"ujar Ibnu.

Sementara itu Wahidin Sudiro Husodo SAg, pada audiensi tersebut menjelaskan fungsi dan peranan KPAID di masyarakat. Menurutnya, pembangunan perlindungan anak menjadi kewajiban dan tanggung jawab pemerintah daerah di era otonomi daerah. Dirinya menambahkan, KPAID merupakan lembaga negara independen yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2002. Keberadaannya sejajar dengan komisi negara lainnya seperti Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), dan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

"Cukup banyak KPAID daerah di luar provinsi hingga nasional yang mengajukan untuk berkunjung ke KPAID Muba, ini terlihat dengan telah banyaknya kasus terhadap anak yang dapat diselesaikan dengan cara mediasi melalui KPAID, kami berharap kedepan pemkab Muba bekerja sama dengan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Sekayu agar dibangun blok khusus tahanan anak-anak, dan kedepan agar disetiap kecamatan dibangun rumah singgah seperti UPTD KPAID bagi anak-anak yang tidak terurus selain itu  rencana kedepan akan digelar Hari Anak Nasional dengan mengambil tema 1000 senyum anak di Kabupaten Muba, tentu kami mengharapkan dukungan penuh dari Pemkab Muba agar dapat terealisasi kegiatan tersebut, "tukasnya.

(Penulis: Fitria Anjelina , Editor: Basori)

Online Paper Updated at: 10.59.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top