Senandung Hikmah

KADES RAMAI-RAMAI REFRESING KE BANDUNG

KADES RAMAI-RAMAI REFRESING KE BANDUNG

Muara Enim -

Dengan alasan refreshing, sebanyak 10 Kepala Desa (Kades) bersama perangkat desa keluarganya se-Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), jalan-jalan ke Kota Bandung, Jawa Barat.

Dari informasi yang berhasil dihimpun di lapangan, Senin (19/9/2016), kegiatan jalan-jalan ke Kota Bandung tersebut, dilakukan 10 Kades bersama perangkat desa dan keluarganya se Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) sejak Kamis (16/9) dan diperkirakan baru pulang Selasa (20/9). Kepergian rombongan Kades tersebut, diduga menggunakan dana dari kantong pribadi, tetapi tanpa sepengetahuan Pemkab Muaraenim.

Ketika dikonfirmasi ke Camat SDU Tasman, membenarkan jika seluruh Kades beserta perangkat dan keluarganya pergi refreshing ke Kota Bandung. Namun kepergian tersebut murni menggunakan dana pribadi, bukan dana desa dan sejenisnya. Ketika ditanya kemana tujuan kepergian tersebut, Tasman hanya mengatakan ke Bandung saja tanpa tahu rinciannya.

Namun ketika ditanya apakah kepergian tersebut seizin atau sepengetahuan Bupati Muaraenim, Tasman, mengatakan memang tidak sempat meminta izin dulu sebab kepergian tersebut sedikit mendadak. Namun kepergian Kades tersebut sepengetahuan dirinya.

"Kalu perginya, tidak salah Kamis, jika tidak berhalangan besok sudah pulang kembali," ujar Tasman yang mengaku tidak ikut pergi ke Bandung.

Sementara itu Sekda Muaraenim Hasanudin, mengaku tidak mengetahui kepergian seluruh Kades se Kecamatan SDU tersebut, mungkin mereka hanya laporan ke Camat SDU. Namun ketika ditanya bagaimana prosedurnya, Hasanudin, mengatakan secara prosedur memang tidak terlalu masalah, apalagi mereka katanya menggunakan dana pribadi.

Namun ketika seorang pejabat mulai dari tingkat desa, jika akan berpergian apalagi lama tentu sebaiknya atasan mereka tahu minimal meminta izin sehingga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan Pemerintah bisa tahu. Apalagi mereka adalah pelayan publik, jangan sampai urusan di desa terhambat hanya gara-gara mereka pergi.

Penulis: Ardani Zuhri

Online Paper Updated at: 11.17.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top