Senandung Hikmah

JEPANG DAN ITALIA AKAN BANGUN PLTA DI PAGARALAM

JEPANG DAN ITALIA AKAN BANGUN PLTA DI PAGARALAM

Pagaralam -

Untuk mengatasi kekurangan energi listrik dan daya di tiga daerah, dua negara Jepang dan Italia akan bangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), di Dusun Mingkik, Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan, dengan kekuatan 30 Mega Watt (MW).

Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati mengatakan, memang ada beberapa investor yang mulai melirik Pagaralam khususnya bidang pengembangan sumber daya alam (SDA) yang ramah lingkungan.

"Ada beberapa investor yang siap beinvestasi khususnya pengembangan kopi dan pembangkit listrik, khususnya dari Luar Negeri, seperti Belanda, Jepang, Italia, Jerman dan Austealia," ujarnya kepada Sripoku.com.

Saat ini juga Pagaralam siap membangun waduk dan irigasi untuk pembukaan 3.000 hektare sawah batu di Dempo Tengah.

"Termasuk jembatan layang Lematang dan Indikat dengan nilai anggaran bisa mencaai Rp1 triliun, dan irigasi Lematang Rp270 miliar dikerjakan Kontraktor BUMN," ujarnya.

Dikatakannya saat ini Pagaralam fokus penyelesaian jalan lingkar kota, jalan bandara dan pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur.

"Saya berharap.l dukungan penuh dari semua elemen masyarakat agar dapar berjalan lancar. Karena jika tidak ada dukungan dari masyarakat pembangunan ini tidak akan berhasil," katanya.

Menurutnya, ada dua negara yang sudah siap yaitu Jepang dan Italia, dengan nilai investasi diperkirakan Rp1 triliun dan dengan 30 MW akan dapat menyuplai tiga daerah di aliran sungai Lematang.

"Izin prinsip sudah disetujui Pemprov Sumsel, jadi tinggal pelaksanaanya saja akan dimulai 2018 mendatang," jelasnya.

Penulis: Wawan Septiawan

Online Paper Updated at: 10.48.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top