Senandung Hikmah

UPAYA TPID SUMSEL TEKAN INFLASI

UPAYA TPID SUMSEL TEKAN INFLASI

Palembang –

Dalam dua tahun terakhir Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Sumatera Selatan terus melakukan berbagai upaya untuk menekan Inflasi dengan berperan aktif serta melibatkan berbagai instasi terkait.

Menurut Ketua TPID Sumsel, Mukti Sulaiman, saat ini penyumbang inflasi terbesar di Sumsel adalah komoditi Bawang Merah, Cabai Merah dan Ayam Ras yang disebabkan berbagai faktor seperti panjangnya mata rantai perdagangan hasil pertanian di Sumsel.

“TPID terus melakukan berbagai upaya baik melalui rapat koordinasi, pemetaan, kemudian melakukan aksi konkrit dengan melibatkan berbagai SKPD terkait dilingkungan pemerintah Provinsi Sumsel”, ungkap Mukti Sulaiman saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Peran dan Tata Kelola Kantor Perwakilan Bank Indonesia dalam Hubungan dengan Pemangku Kepentingan di Daerah” di Ruang Rapat Besar, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) cabang Palembang. Selasa, (09/08).

Dalam kesempatan ini Mukti Sulaiman yang juga selaku Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel menyampaikan aspirasi masyarakat yakni banyak harapan terhadap bank, bahwa masyarakat menginginkan agar peran BI ditingkatkan selain sebagai pengendali juga sebagai pelaksana.

“Melalui FGD ini banyak diskusi yang kita lakukan, diantaranya memperjelas baik aspirasi maupun data tentang perkembangan ekonomi Sumsel”, terangnya.

Anggota Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI), Chairul Djusman Djakman mengatakan bahwa pihaknya terus mengadakan kegiatan Focus Group Discussion ini di berbagai daerah di indonesia dengan menggandeng para akademisi untuk memperoleh kajian baik tentang ekonomi, investasi dan lainnya.

Menurutnya, BSBI sendiri merupakan entitas yang terpisah dari BI yang bertugas sebagai mitra kerja DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) khususnya di komisi XI DPR RI.

“Tugas kita membantu DPR baik di bidang Laporan keuangan, Investasi, Tata Kelola dan tugas-tugas khusus sebagai mitra kerja komisi XI”, terangnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI cabang Palembang Hamid Ponco Wibowo dalam kesempatan ini memaparkan mengenai 9 tugas pokok BI di daerah, diantaranya menyusun kajian viskal ekonomi regional, pengembangan ekonomi, menjaga stabilitas keuangan daerah, serta yang lainnya.

Kegiatan FGD ini dihadiri Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Hafiz Tohir, Kepala OJK Regional 7 Sumbagsel Budi Sartono, Kepala Kantor Perwakilan BI cabang Palembang Hamid Ponco Wibowo, serta perwakilan pimpinan perbankan di Sumsel. FDG sendiri diselenggarakan BSBI bekerjasama dengan Kantor Perwakilan BI cabang Palembang.(ADV. Humas Pemprov)

Online Paper Updated at: 10.21.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top