Senandung Hikmah

SISWA ASAL INDONESIA TIMUR KUNJUNGI SMK BUKIT ASAM

SISWA ASAL INDONESIA TIMUR KUNJUNGI SMK BUKIT ASAM

Muaraenim –

SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Bukit Asam (SMKBA) Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim menerima kunjungan 20 siswa dari Provinsi Maluku Utara wilayah Indonesia Timur. Senin, (08/08/2016). Mereka adalah Siswa Mengenal Nusantara yang tengah mengikuti program Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) tahun 2016. Selama berada di sekolah binaan Yayasan Bukit Asam tersebut, para siswa SMA sederajat itu dikenalkan lingkungan sekolah dan budaya Sumatera Selatan.

Siswa dari program mengenal nusantara itu tiba di SMK Bukit Asam (SMKBA) pukul 10.00 WIB kemarin. Disambut kepala SMKBA, Dra. Hj. Sri Indarti, S.Pd., wakil Ketua Yayasan, H. Anipar, Sekretaris, H. Amirudin Sapuan, S.H., siswa dan guru SMK Bukit Asam. Sedangkan siswa mengenal nusantara itu didampingi jajaran manajemen PT. Bukit Asam dan PT. Pusri Palembang.

“Kami sangat bangga menjadi salah satu sekolah di Sumatera Selatan yang mendapat kepercayaan menerima tamu dari Provinsi Maluku Utara dalam rangka program Siswa Mengenal Nusantara. Kebetulan empat siswa kami juga ikut program ini dan sekarang dikirim di Maluku Utara”, ungkap Sri Indarti.

Selama berada di lingkungan SMK Bukit Asam, lanjut Sri, para siswa disuguhi beberapa kesenian tari asal Sumatera yang di kreasikan oleh siswa-siswi SMKBA. Diantaranya, tari saman, tari inggai, tari tanggai, tari tor-tor, serta menikmati makanan khas Sumatera Selatan seperti pempek dan tekwan. Siswa juga dikenalkan dengan budaya dan fasilitas milik sekolah.

“Kami sangat senang selama berada di SMKBA, anak-anak program Siswa Mengenal Nusantara ini bisa bergaul dengan anak-anak didik kami. Mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat memperluas wawasan siswa dan mempererat silaturahmi”, imbuhnya.

Sementara itu, koordinator asal Maluku Utara, Drs. H. Ruslan Mutafa, M.Si., mengatakan, “sebanyak 20 siswa asal Maluku Utara mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara periode ke 2, dengan tujuan belajar budaya Sumatera Selatan. Kata dia, anak-anak yang mengikuti program ini sebelumnya mengikuti seleksi di setiap Kabupaten Kota di Maluku Utara.

“Kami semua sangat bersyukur, dengan adanya program BUMN ini, kami bisa mengunjungi Sumatera Selatan dan mengenal budaya yang ada di sini. Kalau tidak ada program ini, mungkin anak-anak tidak sampai kesini”, ungkap Ruslan,

Sementara itu, Riska, siswa SMAN (Sekolah Menengah Atas Negeri) 1 Ternate mengaku senang bisa berkunjung ke Sumatera Selatan, khususnya di SMK Bukit Asam Tanjung Enim. Dengan kegiatan ini, dirinya dapat mengenal budaya dan kuliner asal Sumatera Selatan.

“Yang jelas saya sangat senang. Teman-teman dari Maluku juga senang. Saya baru pertama kali datang ke Palembang, dan karena program ini saya bisa makan pempek asal Pelembang. Rasanya enak kok”,ungkap Riska kepada media ini.(eko)

Online Paper Updated at: 10.21.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top