Senandung Hikmah

PILKADES MUBA SERENTAK PADA 27 AGUSTUS 2016

PILKADES MUBA SERENTAK PADA 27 AGUSTUS 2016

Sekayu -

Menyambut perhelatan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 27 Agustus 2016 di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Badan Pemeberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Muba menggelar Rapat Koordinasi Pemantapan dan Kesiapan Pelaksanaan Pilkades serentak di ruang rapat Serasan Sekate, Rabu (24/8/2016). Hadir dalam Rakor tersebut asisten dan staf ahli Setda Muba, Kepala dan Perwakilan FKPD, SKPD Kabupaten Muba, camat terkait serta panitia pengawas.

Kepala BPMPD Drs Habiburrahman dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Muba Tahun 2016 akan dilaksanakan pada Tanggal 27 Agustus 2016, hal ini mengacu pada Peraturan Bupati Kabupaten Muba Nomor 33 Tahun 2016 tentang tata cara pencalonan, pemilihan pengangkatan dan pemberhentian kepala desa. Adapun jumlahnya sebanyak 65 desa dalam 13 kecamatan yang melaksanakan Pilkades serentak di Kabupaten Muba Tahun 2016.

Dikatakan, dalam rangka Pilkades serentak tersebut, telah dibentuk panitia pemilihan Kabupaten dengan Surat keputusan Bupati Muba Nomor 459 tahun 2016 tentang penetapan panitia pelaksana tingkat kabupaten dan tim interdis pada kegiatan Pilkades tahun anggaran 2016. Sedangkan di tingkat desa juga telah dibentuk panitia pemilihan dan panitia pengawas berdasarkan keputusan Badan Permusyawaratan Desa. Pelaksanaan  Pilkades terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahap persiapan, pencalonan, pemungutan suara pada tanggal 27 Agustus 2016 dan tahap penetapan/pelantikan pada tanggal 8 September 2016.

Dijelaskan bahwa dalam surat perintah tugas Bupati Muba, tim pemantauan yang melibatkan unsur SKPD di lingkungan Pemkab Muba mempunyai tugas dan kewajiban. Adapun tugasnya yaitu,  mengawasi seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkades, menerima laporan pelanggaran yang berkenaan dengan proses Pilkades, melakukan koordinasi dengan pemantau dan panitia pemilihan tingkat desa. Sedangkan kewajiban yaitu, memperlakukan calon kepala desa secara adil dan setara, melakukan pemantauan pelaksanaan pemilihan secara aktif pada saat pemilihan, meneruskan temuan dan laporan yang merupakan pelanggaran kepada pihak yang berwenang dan menyampaikan laporan kepada Bupati melalui panitia Pilkades tingkat kabupaten.

Selaku pimpinan rapat, Plt Sekda Kabupaten Muba, H Rusli SP MM menyampaikan arahan, disampaikannya bahwa Pilkades merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi. Dimana masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa untuk lima tahun kedepan. Disinilah peran masyarakat yang merupakan subyek paling menentukan figur pemimpin di desa, bukan sebagai obyek yang dipengaruhi.

"Dibentuknya tim pemantauan dari unsur SKPD ini, disebar untuk memastikan pelaksanaan Pilkades serantak di Kabupaten Muba dapat berjalan dengan aman, demokratis jujur dan tanpa money politik, tugas tim sudah jelas tidak untuk menyelesaikan masalah , tidak pula untuk memutuskan permasalahan tapi hanya mencatat dan melaporkan ke pihak kecamatan untuk selanjutnya ditindaklanjuti," tukasnya.

Masyarakat juga dihimbau untuk memberikan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Dan jangan mudah terpengaruh dengan politik uang. Harapannya, melalui rapat koordinasi tersebut dapat menguatkan koordinasi semua pihak, dengan memetakan sumber-sumber pemicu perselisihan di wilayah masing-masing. Diingatkan kepada para  camat, lurah dan kades agar secara dinamis melakukan komunikasi dan kerjasama yang baik dengan unsur Babinsa dan Babinkamtibmas berkaitan dengan stabilitas wilayah, yang kemudian melaporkan secara tertulis sesuai dengan fakta di lapangan. “Kita selaku Pemkab Muba berharap agar pemilihan Kades serentak dapat berlangsung sukses, yakni sukses partisipasi, regulasi, memilih kepala desa definitif dan sukses tidak mengganggu tatanan yang sudah ada,” tandas Rusli.

(Penulis: Fitria Anjelina , Editor: Basori)

Online Paper Updated at: 10.01.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top