Senandung Hikmah

PEMKOT LAHAT DUKUNG MINAT BACA PELAJAR

PEMKOT LAHAT DUKUNG MINAT BACA PELAJAR

Lahat -

Melalui safari gerakan nasional gemar membaca tingkat kabupaten, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat terus mendukung upaya peningkatan minat baca khususnya bagi kalangan pelajar.

Di sisi lain, Pemkab Lahat berharap peranserta masyarakat. Hal tersebut dikatakan Asisten IV Pemkab Lahat, Asisten IV Iskandar MSi. Menurutnya giat strategi peningkatan minat baca yang difasilitasi oleh pemerintah masih perlu melibatkan masyarakat. Peran masyarakat terutama para orangtua sangat besar dalam memberikan pengaruh minat baca kepada anak-anak.

"Pemkab tentu akan terus berupaya agar minat baca terus meningkat dengan memberi stimulan seperti penambahan perpus (perpustakaan) keliling dan perpus terapung untuk menjangkau daerah terpencil," ujarnya saat safari gerakan nasional gemar membaca tingkat kabupaten yang digelar di Gedung Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Lahat.

Dikatakan Iskandar sebagai ujung tombak menggerakan masyarakat dalam menumbuhkan minat baca, perpustakaan daerah jangan pernah berhenti berinovasi termasuk promosi. Pasalnya, di tengah era modernisasi saat ini minat baca khususnya membaca buku semakin tergerus akibat kalah berasiang dengan teknologi internet.

Padahal, lanjutnya, keberadaan perpustakaan tidak hanya dikenal sebagai tempat penelitian saja tapi juga punya fungsi lain yakni pusat informasi, refrensi dan rekreasi. "Perlu kita ketahui juga, kebiasaan membaca buku dapat mendorong masyarakat menjadi lebih kreatif," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, M Syafri Bando diwakili Tengku Samsul Bahri mengucapkan apresiasinya kepada pemkab Lahat yang telah mendukung gerakan nasional tersebut.

Menurutnya, dukungan yang diberikan pemda ini secara tidak langsung juga akan berdampak pada meningkatnya mutu Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya yang ada di kabupaten Lahat.

"Dinsinilah peran penting perpustakaan dalam menggalakan dan mengajak masyarakat untuk gemar membaca," ujar Tengku.

Penulis: Ehdi Amin

Online Paper Updated at: 11.00.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top