Senandung Hikmah

KPU MUBA GELAR BIMTEK PPK

KPU MUBA GELAR BIMTEK PPK

Sekayu –

Memasuki tahapan verifikasi faktual dukungan pasangan calon perseorangan pada Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) tahun 2017, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muba melaksanakan kegiatan Bimbingan bagi Panitia Pemilihan Kecamatan Se-Kabupaten Muba. Kegiatan yang diselenggarakan di aula wisma atlit tersebut diikuti oleh 72  anggota PPK Se-Kabupaten Muba.

Ketua KPU Muba H.A Firdaus Marvels, SE, M.Si mengingatkan kepada seluruh Panitia Pemiihan Kecamatan (PPK) yang ada di 14 kecamatan, se-Kabupaten Muba, dalam pelaksanaan verifikasi faktualisasi calon perseorangan, yang dilaksanakan oleh Panitia Pemungutan Suata (PPS). Diharapkan mampu melaksanakan monitoring lapangan dengan baik dan benar, serta tingkat ketelitian yang akurat. “Jangan ada istilah asal tembak saja dalam pelaksaan verifikasi faktual terhadap pendukung pasangan calon perseorangan. Jika itu terjadi, maka sanksi pidana akan menanti pelaksananya,” kata Firdaus Sabtu (13/8).

Menurut Firdaus, saat ini pihaknya masih melakukan dukungan administrasi terhadap dua pasangan bakal calon perseorangan. Nantinya sebelum pelaksanaan verifikasi faktual dilaksanaan oleh PPS, maka PPK akan menyelenggarakan bimtek bagi anggota PPS yang dibantu oleh KPU Muba. Sehingga, pemahaman dilapangan tentang pelaksanaan verifikasi akan sama dilapangan. “Ini menyangkut data dan dukugan, sehingga harus dilaksanakan dengan baik dan teliti oleh PPS, apalagi sudah jelas sanksinya,” tegasnya.

Dijelaskannya, ditargetkan bimtek terhadap PPS dilaksanakan sebelum tanggal 21 Agustus mendatang. Karena mulai 21 Agustus – 6 September, akan dimulainya verifikasi faktual. Sehingga sebelum pelaksanaan dilapangan, seluruh PPS telah megetahui kegiatan yang mereka laksanakan dilapangan. “Sebelum 21 Agustus, semua PPS telah mengetahui apa yang mereka laksanakan,” pungkasnya.

Sementara itu, ketua KPU Sumsel H Aspani mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan penyelenggara ditingkat Kecamatan  dalam melaksanakan verifikasi persyaratan dukungan bagi bakal pasangan calon perseorangan pada Pilkada Muba 2017.

“Setelah melakukan verifikasi jumlah dukungan minimal sebagai mana diatur dalam pasal 17 PKPU Nomor 5 Tahun 2016, KPU Provinsi/ KPU Kab/Kota selanjutnya melakukan verivikasi administrasi, yang dilanjutkan dengan verifikasi vaktual,” ungkapnya.

Aspani menjelaskan, verifikasi administrasi sebagaimana dimaksud, pada pasal 20 PKPU Nomor 5 tahun 2016 yaitu, mencocokkan kesesuaian Nomor Induk Kependudukan, nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir dan alamat pendukung pada formulir Model B.1-KWK Perseorangan dengan fotokopi Kartu Tanda Penduduk” jelasnya.

KPU Sumsel berharap kepada seluruh anggota PPK untuk mengikui kegiatan ini dengan baik dan memahami setiap materi yang disampaikan. Menurut Pasal 48 ayat (6) UU 10 tahun 2016 mengamanatkan KPU melakukan verifikasi faktual terhadap dukungan pasangan calon perseorangan.  Verifikasi faktual dilakukan dengan metode sensus dengan cara menemui langsung setiap pendukung pasangan calon. “Metode sensus memiliki beberapa varian atau alternatif , varian sensus ada tiga macam yakni pertama dikunjungi, petugas mendatangi pendukung dari rumah ke rumah dalam waktu yang ditentukan. Kedua dikumpulkan, pendukung paslon dikumpulkan pada tempat dan waktu yang telah ditentukan. Ketiga, kombinasi dikunjungi dan dikumpulkan,” beber Aspani.

Kegiatan Bimtek verifikasi calon perseorangan, ketua divisi teknis melakukan simulasi verifikasi faktual pasangan calon perseorangan kepada PPK, hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesipan penyelenggara di tinggkat Kecamatan.

“Melalui Bimtek ini diharapkan mampu menjadikan penyelenggara ditingkat kecamatan lebih cermat dalam menjalankan tugasnya sehingga tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Terpenting, kami harapkan Pilkada Banten tahun 2017 dapat berjalan dengan lancar, jujur, dan adil. Ini adalah tugas dan tanggung jawab kita bersama” pungkasnya. (edy)

Online Paper Updated at: 10.43.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top