Senandung Hikmah

ISHAK MEKKI : SELAIN CERDAS, MAHASISWA JUGA DITUNTUT TERAMPIL

ISHAK MEKKI : SELAIN CERDAS, MAHASISWA JUGA DITUNTUT TERAMPIL

Palembang –

Dalam upaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing global, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tidak pernah berhenti mengajak dan mendorong perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk tetap kreatif, inovatif dan konstruktif mendisain pembelajaran, sebagai bahan pembekalan dan pembelajaran kepada mahasiswa.

Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki menilai, mahasiswa dituntut memiliki  kompetensi, kualifikasi dan keterampilan abad ke-21 antara lain terampil berfikir kritis dan memecahkan masalah, kolaborasi berbasis jaringan dan memimpin dengan pengaruh, mampu mengubah arah dan bergerak secara cepat dan efektif dan mampu beradaptasi, mengakses dan menganalisis informasi.

Menurutnya, untuk mengembangkan ini semua, perguruan tinggi perlu mengantisipasi berbagai langkah perubahan yang meliputi komponen utama yaitu penyempurnaan dan melakukan dinamisasi kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pengembangan mahasiswa, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta melaksanakan pembelajaran.

“Saya berharap seluruh Universitas di Sumsel terus berkonstribusi mendorong peningkatan kualitas SDM Sumsel, tidak hanya melalui pendidikan akan tetapi juga melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”, ungkap Ishak Mekki saat menjadi pembicara pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) dan pelantikan 7.569 mahasiswa baru Universitas Sriwijaya tahun 2016 di Auditorium Unsri Indralaya. Senin, (02/08).

Lebih lanjut Ishak Mekki menjelaskan, Provinsi Sumsel berupaya mendorong untuk melampaui 8 standar pelayanan minimal pendidikan yang telah ditentukan, agar dapat mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas.

Beberapa program kegiatan yang telah dan akan terus dilaksanakan dalam meningkatkan sumber daya manusia di Sumsel terus digulirkan. Program sekolah dan kuliah gratis merupakan loncatan besar dalam mencerdaskan bangsa utamanya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Tingkatkan kemampuan dan cara berfikir, berkreasi, kembangkan kreativitas dan imajinasi sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Universitas Sriwijaya tentunya punya cara sendiri dalam menyiapkan SDM yang berkualitas itu”. terang Ishak Mekki dihadapan para Mahasiswa

Dijelaskan Ishak Mekki, menyadang predikat sebagai mahasiswa merupakan tantangan, karena pola pendidikan dan proses belajar mengajar tentu berbeda dari pendidikan di tingkat sekolah menengah.

“Bagi mahasiswa baru proses belajar telah dimulai. Manfaatkan waktu, fasilitas dan kesempatan dengan baik. Raih prestasi terbaik. Jadilah anak-anak yang membanggakan orang tua, keluarga, masyarakat bangsa dan negara. Sukses dan selamat belajar dan selamat berprestasi di kampus kebanggaan kita ini”, tandasnya.

Selain Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki, kegiatan ini menghadirkan pembicara lainnya yakni Ketua MPR RI, DR (HC) Zulkifli Hasan, Ketua I BPK RI, Agung Firman Sampurna dan Kepala BNN Provinsi Sumsel Brigjen Pol M. Iswandi Hari

Ketua MPR RI Zulkipli Hasan, dalam arahannya lebih menekankan pentingnya generasi muda untuk tidak melupakan Pancasila sebagai dasar negara yang kondisinya saat ini semakin dilupakan dan terancam lumpuh. Dirinya mengajak para mahasiswa agar menjadikan Pancasila sebagai dasar filosofi juga pandangan hidup.

Menurut dia, dikhawatirkan jika nilai-nilai Pancasila tidak lagi dipahami generasi muda kita ke depan. Survei yang dilakukan Lemhanas menyebutkan, dalam 50 – 100 tahun ke depan akan ada pendapat yang menyatakan nusantara tidak perlu, wawasan nusantara tidak perlu. Bagi mereka yang penting makmur walau NKRI harus terpecah-pecah.

“Jadi, kewajiban kita semua harus mensosialisasikan dan membuat Pancasila sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Pancasila harus menjadi perilaku”, tegasnya.

Diakhir acara, Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki di dampingi Rektor Unsri Anis Saggaff melaunching perubahan baru perpustakaan berbasis buku menjadi perpustakaan berbasis digital yang operasionalnya akan dibuka hingga jam 10 malam, diperuntukan bagi seluruh mahasiswa Unsri.(ADV. Humas Pemprov)

Online Paper Updated at: 10.32.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top