Senandung Hikmah

DUA WAKIL BUPATI HADIRI TELEKONFERENCE KAPOLRI

DUA WAKIL BUPATI HADIRI TELEKONFERENCE KAPOLRI

Muara Enim -

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman dan Wakil Bupati PALI Ferdian Lacony bersama Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawam, menghadiri acara telecomference dengan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di aula Mapolres Muara Enim, Kamis (25/8/2016) sekitar pukul 16.00.

Kegiatan telecoference yang membahas masalah Karhutla yang digelar serentak di seluruh Indonesia tersebut, juga dihadiri oleh Menko PMK Puan Maharani, Kepala BMKG Nurbaya dan pejabat teras Polri.

Menurut Wabup Muara Enim Nurul Aman yang didampingi Wabup PALI Ferdian Lacony, bahwa kegiatan telecoference Karhutla ini, intinya adalah bagaimana melakukan upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Muara Enim dan PALI.

Sementara itu Kapolres Muara Enim AKBP Hendra Gunawan, bahwa kesimpulan dari telecomference dengan Kapolri dan Menko PMK tadi, bahwa saat ini, upaya dari sinergisitas yang dilakukan pemerintah dengan Kepolisian, TNI, dan pihak terkait, dalam penanganan kebakaran lahan dan hutan sudah cukup berhasil meski belum sempurna.

Ada penurunan titik hot spot dari sebelumnya tiga juta hektar lahan yang terbakar turun menjadi sekitar 80 ribu hektar saja atau turun sekitar 70-80 persen. Dan saat ini, hampir semua daerah melakukan inovasi-inovasi dan upaya-upaya pencegahan.

"Tahun ini, dari prediksi BMKG diperkirakan curah hujan akan lebih panjang, dan kemarau tidak terlalu lama sekitar bulan November ke atas," ujar Kapolres.

Untuk itu, lanjut Kapolres, pihaknya bersama lembaga terkait dan perusahaan, sudah membentuk satgas untuk upaya pencegahan tersebut.

Dan bagi masyarakat dihimbau ketika akan membuka lahan untuk tidak lagi dengan cara membakar lahan, sebab jika masih dilakukan maka pihaknya tidak segan-segan melakukan tindakan tegas secara hukum.

Bahkan pihaknya sedang melakukan lidik terhadap pelaku pembakaran lahan dan hutan di wilayah Penukal, Penukal Abab, talangubi, dan Rambang Lubai.

"Kita sudah melakukan pendekatan dengan perusahaan-perusahaan, dan mereka bersedia membeli pohon karet atau lainnya yang ditebang warga supaya tidak dibakar," kata Kapolres.

Penulis: Ardani Zuhri

Online Paper Updated at: 09.42.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top