Senandung Hikmah

DALKARHUTLA MUBA SEBAR POSTER LARANGAN BAKAR LAHAN

DALKARHUTLA MUBA SEBAR POSTER LARANGAN BAKAR LAHAN

Sekayu –

Berbagai upaya dilakukan tim patroli pengendalian kebakaran hutan dan lahan (dalkarhutla) Kabupaten Muba tahun ini. Mulai dari melakukan penyisiran lahan yang rawan terbakar hingga sosialisasi larangan karhutla kepada pemilik lahan. “Masih banyak pemilik lahan, tak mengetahui aksi pembakaran membuka lahan sangatlah dilarang,” kata Edi Satriawan, ketua Manggala Agni Daops I Muba.

Tak ada dalih, pembakaran dilakukan di lahan seluas 1-2 hektare saja. Pembakaran ini tetap dilarang dan diproses secara hukum bila membandel. Pada sosialisasi itu, tim patroli membagikan poster bertuliskan “Mencegah Lebih Baik daripada Memadamkan”.

“Kita berharap pemilik lahan melakukan tebas payang dalam membuka lahan,” harapnya. Pasalnya, Kabupaten Muba berkomitmen zero hotspot tahun ini.

Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kabupaten Muba, Sumantro, menyambut baik berbagai langkah dan upaya tim patroli dalkarhutla dalam melakukan pencegahan dan penanganan karhutla di Kabupaten Muba.

Tim patroli dalkarhutla itulah yang melakukan penyisiran dan pengawasan seluruh wilayah rentan terbakar. “Salut kerja tim patroli dalkarhutla,” pujinya. Bayangkan saja, wilayah yang rentan terbakar saja telah dipetakan dan dijaga sekarang ini.

Tim patroli dalkarhutla pun melakukan penyebaran poster larangan karhutla. Ini lantaran banyak pemilik lahan tak mengerti dan mengetahui membuka lahan dengan membakar dilarang dan bisa diproses hukum sekarang ini.

“Telah dilarang bakar lahan walaupun satu hektare saja,” tegasnya. Pasalnya, Pemerintah Pusat telah berkomitmen tak ada api dan asap tahun ini. " Kabupaten Muba pun zero hotspot beberapa pekan ini," pungkasnya. (yud/lia/ce4)

Online Paper Updated at: 05.32.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top