Senandung Hikmah

SUMSEL TERIMA PENGHARGAAN PMI

SUMSEL TERIMA PENGHARGAAN PMI

Makassar –

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menerima penghargaan atas peranannya dalam memberikan dukungan bagi pengembangan sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI), terutama dalam penyelenggara kegiatan terkait sukarelawan di Sumsel.

Penghargaan ini diserahkan langsung Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, kepada Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki, pada acara Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional XIII di Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan. Selasa, (26/07).

Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PMI hadir dan membuka secara langsung rangkaian kegiatan Jumbara yang digelar mulai Senin (25/07) hingga Minggu (31/07) mendatang. Pada pembukaan Jumbara turut hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anis baswedan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, Menteri  Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Budi Waseso.

Kehadiran sejumlah menteri juga untuk melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara PMI dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika mengenai peningkatan kepalangmerahan dengan mengoptimalisasi pemantapan teknologi serta informasi dan komunikasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang pembinaan dan pengembangan kegiatan kepalangmerahan di satuan pendidikan, dan dengan BNN tentang pencegahan penyalagunaan narkoba dalam rangka darurat narkoba.

Ajang lima tahunan ini diikuti 2.500 lebih peserta terdiri dari PMR dari seluruh Indonesia dan 10 Perhimpunan Nasional Negara Sahabat seperti Vietnam, Thailand, Kamboja, Pulau Solomon dan Timur Leste, Brunai Darusalam, Italia, Jepang, Myanmar dan Filipina.

Para peserta berkumpul di Bumi Perkemahan Tonasa I Kabupaten Pangkajene Kepulauan, untuk saling berbagi melakukan evakuasi, meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam suasana gembira, bersahabat dan berpartisipatif.

“Kami mengusung tema pandai manusiawi dan responsif pada Jumbara tahun ini”, kata Panitia Penyelenggara Jumbara MPR Tingkat Nasional XIII, Muhamad Muas.

Muas menjelaskan, tujuan pelaksanaan lima tahunan ini adalah untuk meningkatkan karakter kepalangmerahan serta peranan remaja PMI sebagai pendidik sebaya melalui pendekatan keterampilan hidup.

“Kegiatan kompetitif dalam jumbara ini diharapkan akan semakin meningkatkan kemampuan dan kepandaian anggota PMR terutama dalam menangani kemanusiaan”, terang Muas.

Selain Sumsel, Provinsi lain juga mendapatkan penghargaan yang diterima langsung masing-masing kepala daerah yakni  Gubernur Sulsel (Sulawesi Selatan), Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa timur, Gubernur Gorontalo, Bupati Malang, Bupati Sleman, Bupati Pangkep, Direktur Utama Lion Air, Direktur Utama Maspion dan Direktur Utama Tonasa.(ADV. Humas Pemprov)

Online Paper Updated at: 16.28.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top