Senandung Hikmah

PEMKAB MUBA RAIH PENGHARGAAN BAKTI KOPERASI DAN UMKM

PEMKAB MUBA RAIH PENGHARGAAN BAKTI KOPERASI DAN UMKM

Jambi -

Peringatan Hari Koperasi Nasional (HARKOPNAS) ke-69 tahun 2016 yang dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di halaman Kantor Gubernur Provinsi Jambi, Kamis (21/7/2016) dibanjiri penghargaan kepada koperasi diseluruh Indonesia dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), termasuk didalamnya Kabupaten Musi Banyuasin menerima penghargaan Bakti Koperasi dan UKM.

Presiden Jokowi yang didampingi beberapa menteri dan pejabat tinggi negara dalam sambutannya menghimbau agar semua koperasi di Indonesia dapat berbenah diri dikarenakan persaingan yang terjadi saat ini tidak lagi dalam skala kecil melainkan sudah dalam skala besar seperti antar negara dan wilayah.

"Kita sudah masuk dalam persaingan global, bukan lagi antar individu, kabupaten atau provinsi tetapi sudah antar negara, belum lagi nanti persaingannya antar kawasan dengan blok-blok perdagangan," ujar Presiden.

Untuk itu orang nomor satu di Indonesia itu menyarankan agar pelaku usaha koperasi di dalam negeri dapat saling bergabung dengan harapan supaya memiliki skala ekonomi yang tinggi. Dengan bergabungnya pelaku usaha koperasi, maka akan diperoleh kemudahan pembiayaan dari pihak perbankan sehingga bisnis juga lebih mudah untuk dibuat.

Adapun penghargaan koperasi berprestasi diberikan kepada 100 koperasi dan 10 koperasi dari 100 koperasi mendapat anugerah Koperasi Award, selain itu penerima Penghargaan Bakti Koperasi dan UKM berjumlah 78.

Deputi Kementerian Koperasi dan UKM, Choirul Djamhari mengatakan penghargaan diberikan setelah melalui seleksi berdasarkan sejumlah persyaratan. Koperasi yang masuk tahap seleksi pusat sebelumnya telah diseleksi pemerintah provinsi

"Ada 305 koperasi yang diajukan dari 34 provinsi. Penghargaan diberikan berdasarkan kategori jenis usaha koperasi. Penghargaan ini untuk melatih koperasi menjalankan prinsip-koperasi dengan benar, dan memiliki pertumbuhan yang aman dan berkelanjutan sekaligus menjadi parameter baru bagi koperasi," ungkap Choirul.

Sementara itu Plt Bupati Muba Beni Hernedi disela-sela acara tersebut kepada beritamuba mengatakan jumlah koperasi di Kabupaten Muba saat ini secara keseluruhan berjumlah 271 dan yang tidak aktif 12. Beni menghimbau kepada seluruh pelaku koperasi di Muba dapat meningkatkan kinerjanya.

"Kita berharap agar koperasi di Muba kedepannya lebih baik lagi, kita juga meminta perusahaan yang berada di wilayah hukum Muba dapat meningkatkan perannya untuk bidang koperasi," tutur Beni.

(Penulis: Rendy Pradana , Editor: Basori)

Online Paper Updated at: 17.18.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top