Senandung Hikmah

OLEH-OLEH PEMUDIK,KOPI BUBUK KHAS RANAU DIJUAL RP 45.000 PERKILOGRAM

OLEH-OLEH PEMUDIK,KOPI BUBUK KHAS RANAU DIJUAL RP 45.000 PERKILOGRAM

OKU Selatan –

Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah merupakan salah satu wilayah penghasil kopi yang ada di Kabupaten OKU Selatan. Hampir setiap Kepala Keluarga memiliki kebun kopi dan menggantungkan penghasilan mereka dari hasil penjualan tanaman tahunan tersebut.

Tak aneh jika, jika kita melintas diwilayah ini hampir setiap rumah ada kopi yang tengah dikeringkan di pinggir jalan.

Kopi khas ranau ini memang memiliki cita rasa yang berbeda dibanding kopi dari daerah lain, sangat wajar jika setiap lebaran kopi khas ranau ini di cari para pemudik lebaran sebagai oleh-oleh.

Untuk mudik lebaran tahun ini, para pengepul kopi nampak kebanjiran order,pembelinya rata-rata pemudik lebaran. "Pemesan kopi bubuk khas ranau lumayan banyak, rata-rata pembelinya pemudik untuk oleh-oleh,"kata Inton Nasiah warga Simpang Sender kepada detiksumsel.com,Senin (21/7/2016).

Perkilogramnya terang Inton kopi ranau ini dijual Rp 45.000." Kopi bubuk yang siap sedu dijual Rp 45.000 perkilogram. Harganya lumayan baik,"kata Inton.

Seorang pemudik, M Yasir mengaku membeli kopi khas ranau ini untuk oleh-oleh. "Saya beli 4 kilogram untuk oleh-oleh, baik tetangga maupun untuk teman kerja,"kata warga Perumahan Griya Sejahtera Ogan Ilir ini.
Selain kopi, yang juga diburu para pemudik adalah Gula Merah yang terbuat dari aren kelapa. Dibeberapa sentra penjualan gula aren di Simpang sender ini juga nampak di penuhi oleh pemudi untuk oleh-oleh. Gula merah ini perkilogramnya dijual petani Rp 15.000 perkilogram.(Faz)

Online Paper Updated at: 10.19.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top