Senandung Hikmah

ISHAK MEKKI; TINGKATKAN LEVEL PENGAWASAN

ISHAK MEKKI; TINGKATKAN LEVEL PENGAWASAN

Palembang –

Untuk menjadi lembaga pengawas internal yang profesional dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, Inspektorat Provinsi Sumatera Selatan harus terus meningkatkan kapabilitas pengawasan, pengendalian internal, meningkatkan koordinasi dan sinergitas serta efektifitas pengawasan terhadap kualitas laporan keuangan.

Wakil Gubernur Sumsel, Ishak Mekki menilai, saat ini pemerintah tengah gencar melakukan peningkatan fungsi pengawasan tidak terkecuali bagi Inspektorat Sumsel yang juga harus mampu menjadi pengawas internal yang profesional dengan segala kekurangan dan tantangan yang sering dihadapi.

Menurut dia, peningkatan level tugas pengawasan Inspektorat Sumsel dalam melakukan pemeriksaan terhadap internal Pemerintah Provinsi Sumsel sangat perlu dilakukan, sehingga kedepan dapat dilakukan penekanan terhadap kelemahan-kelemahan yang dimiliki, khususnya dibidang pengawasan yang saat ini sedang gencar dilakukan peningkatan baik di daerah maupun pusat.

“Bagian pengawasan seperti ini sangat sulit, khususnya Inspektorat dalam mengawasi internal di Pemerintah Provinsi. Untuk itu, mari kita perkuat pemeriksaan dan rapatkan barisan sehingga mengurangi terjadinya kesalahan dan kekeliruan”, ungkap Ishak saat memimpin rapat bersama seluruh jajaran Inspektorat Provinsi Sumsel di Ruang Rapat Inspektorat Provinsi Sumsel. Selasa, (12/07).

Ishak menjelaskan, melalui pertemuan ini Inspektorat Sumsel diharapkan dapat lebih efektif lagi melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan urusan Pemerintah Daerah di Kabupaten/Kota di Sumsel.

“Kita harapkan pegawai Inspektorat harus bekerja dengan baik, karena mereka mengawasi anggaran dan diharapkan kedepan bisa maksimal”, ujar Ishak.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Sumsel, I Gusti Bagus Surya Negara mengungkapkan, saat ini ada tiga hal yang perlu dilakukan dalam peningkatan pengawasan. Diantaranya, tentang penetapan aset, yang merupakan pekerjaan yang berat seperti tanah, rumah dinas, dan lainnya. Kemudian, membuat sistem dan satgas optimalisasi penerimaan asli pendapatan daerah baik melalui penerimaan pajak maupun penerimaan lainnya. Penetapan BUMD yang diketahui saat ini terdapat beberapa BUMD yang belum optimal.

“Tiga hal ini yang perlu kita lakukan, dan sudah mendapat respon dari Sekretaris Daerah. Dalam waktu dekat Inspektorat Provinsi Sumsel akan melakukan tugas besar untuk ini”, terangnya.

Terpisah, Inspektur Provinsi Sumsel, Tanda Subagio, dalam sambutannya memaparkan berbagai capaian kerja dari Inspektorat Provinsi Sumsel, baik dari peningkatan pengawasan dan pemeriksaan serta target peningkatan kapabilitas Inspektorat Provinsi Sumsel.

Tanda Subagio mengungkapkan, saat ini pihaknya terus melakukan upaya peningkatan pembinaan dan pengawasan khususnya terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Kabupaten/Kota di Sumsel.

“Selain itu, kita juga terus melakukan evaluasi terhadap kinerja dan peningkatan hasil pemeriksaan Inspektorat Sumsel”, pungkasnya.(ADV. Humas Pemprov).

Online Paper Updated at: 11.17.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top