Senandung Hikmah

HARGA KARET MELOROT, PETANI MENGELUH

HARGA KARET MELOROT, PETANI MENGELUH

Baturaja –

Terus melemahnya harga jual karet, membuat petani yang bergantung dari penjualan komoditas tersebut, mengeluh. Tak ada upaya yang dapat dilakukan, selain menunggu keajaiban datang petani memperbaiki kualitas hasil sadapan. ” Kalau mau asal-asalan penyadapan, harus terima dihargai murah.” Kata supri, petani karet Unit dua kecamatan Lubuk Raja, minggu (24/7)

Menurutnya, kualitas getah hasil sadapan di daerahnya memang terkenal baik. Hanya saja faktor kebersihan karet tersebut sangat mempengaruhi bobot dan harga jual. Sejauh ini masih dijumpai getah hasil sadapan kotor. Karena di dalam karet masih didapati tatal bekas sadapan. ” Murah kalau campur tatal cuma Rp. 5000. Tapi untuk yang bersih Rp 6.000/kg. Ini waktu penimbangan terakhir.” Jelasnya.

Jika dibandingkan dengan dua kawasan lainnya. Seperti di desa Penyandingan kecamatan Sosoh Buay Rayap dan Sleman kecamatan Semidang Aji, harga jual di kecamatan Lubuk Raja terbilang tinggi. Sebab, harga karet di desa Penyandingan justru turun di bawah Rp. 5000/kg. ” Sebelum lebaran sempat Rp 4.700/kg tapi setelah lebaran turun menjadi Rp 4.500/kg.” Kata Deni, warga Penyandingan.

Meski murah, kata dia masih lumayan pendapatan yang diterima. Jika dalam dua pekan penyadapan bisa menimbang lebih dari 200 kg. Sementara harga karet di desa Sleman, Semidang Aji sempat stabil diharga Rp 6.700/kg. Hal itu dikatakan Medi. Sayangnya harga terbaru belum diketahuinya, sebab jadwal penimbangan dilakukan besok (hari ini).” Kalau harga itu (6.700) sudah sebelum lebaran.” Jelasnya.

Dia pun sempat menanyakan kepada portal ini, solusi agar harga jual karet seperti beberapa tahun belakangan. Atau setidaknya harga jual karet mantab di atas Rp 10.000/kg. Kendati demikian, keluarganya masih mengantongi pendapatan yang lumayan. Untuk getah mingguan, dari kebunnya mampu mengumpulkan karet sekita 400 kg dari dua lahan yang dimiliki kekuarganya. (fei)

Online Paper Updated at: 08.48.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top