Senandung Hikmah

HAMA KEONG MAS SERANG PADI PETANI RANTAU BAYUR

HAMA KEONG MAS SERANG PADI PETANI RANTAU BAYUR

Rantau Bayur –

Dalam beberapa minggu terakhir ini petani Desa Rantau Bayur Kecamatan Rantau Bayur Kabupaten Banyuasin dibuat pusing tujuh keliling, pasalnya tanaman padi milik mereka rusak akibat diserang hama keong mas. Hama ini menyerang sejak bibit padi selesai ditanam. Akibatnya, sejumlah petani terpaksa mengganti bibit padi yang rusak dimakan keong dengan bibit baru. Bahkan penggantian bibit itu sudah dilakukan 2-3 kali lantaran selalu ludes dimakan keong.

Salah satu petani Leman (40) warga Desa Rantau Bayut mengatakan, hama koeng mas mulai menyerang sejak awal musim tanam dengan intensitas tinggi. Bibit padi yang baru ditanam langsung dimakan keong hingga ludes. Serangan keong mas terparah terjadi di wilayah yang banyak genangan air. “Saya setiap hari terpaksa memunguti keong yang ada di sawah saya, dan jika tidak kesawah dapat dipastikan saya harus menanam kembali bibit padi, Dalam waktu hanya 30 menit, sudah terkumpul keong satu ember besar. Serangan musim ini memang terbilang ganas," terangnya Rabu (20/06/2016)

Sementara itu, Abo (35) Petani lainnya mengaku sudah melakukan tanam dua kali ini, yang ganas menyerang bibit tanaman justru keong berukuran kecil, kira-kira sebesar kerikil. Keong kecil itu terkadang bersembunyi di lumpur, sehingga sulit dipungut. "Yang kecil susah kelihatan dan bersembunyi, kami sih berharap agar bantuan sesegera mungkin dari Pemdes ataupun Dinas terkait, karena kami terancam gagal panen kalau tidak cepat-cepat dibasmi," pungkasnya.(Bara/Faz)

Online Paper Updated at: 10.15.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top