Senandung Hikmah

HADAPI MEA, BENI HERNEDI MAKSIMALKAN BLK

HADAPI MEA, BENI HERNEDI MAKSIMALKAN BLK

Palembang -

ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 merupakan sebuah gagasan kerja sama ekonomi negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) yang bermula dari kesepakatan Common Effective Preferential Tariff – ASEAN Free Trade Area (CEPT-AFTA) pada tahun 1992.

Pembentukan pasar tunggal MEA akan mendorong kompetisi yang semakin ketat di antara negara-negara ASEAN karena keberadaannya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara, kata Beni Hernedi usai mengikuti seminar Nasional yang mengusung tema Inovasi Pemerintah Daerah pada era MEA di Griya Agung, Selasa(19/7/2016).

"Pemerintah dan masyarakat harus lebih
membuka diri dan melihat kenyataan bahwa kompetisi antar bangsa semakin ketat, sehingga jika Indonesia khususnya Kabupaten Musi Banyuasin tidak
mempersiapkan diri, tentunya akan tertinggal dari negara maupun kota/kabupaten lain dan bahkan akan hanya menjadi penonton belaka," jelasnya.

Ia juga mengatakan akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (sdm) dengan memaksimalkan peran Balai Latihan Kerja (BLK) di Kabupaten Musi Banyuasin.

Pemerintah pusat , lanjut Beni telah merancang strategi dalam menyongsong era MEA diantaranya, Penguatan daya saing ekonomi, Penguatan Sektor UMKM, Perbaikan Infrastruktur, Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan Reformasi kelembagaan dan pemerintahan.

"Peran serta dukungan masyarakat sangat diharapkan dalam hal ini, oleh karenanya kami (Pemkab) mengajak semua pihak bersinergi bersatu padu guna menyongsong era Masyarakat Ekonomi Asean sebagai momentum untuk mengembangkan kemajuan ekonomi," tutupnya.

(Penulis: Charles , Editor: Heri Hidayat)

Online Paper Updated at: 09.27.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top