Senandung Hikmah

DEWAN BERSAMA KEJAKSAAN MUSNAHKAN BARANG BUKTI HASIL KEJAHATAN

DEWAN BERSAMA KEJAKSAAN MUSNAHKAN BARANG BUKTI HASIL KEJAHATAN

Sekayu -

Kejaksaan Negeri Sekayu memusnahkan berbagai jenis barang bukti tindak pidana yang sudah memperoleh kekuatan hukum tetap dalam penanganannya. Pemusnahan dilakukan Kepala Kejaksaan Negeri Sekayu Edi Handoyo SH, bersama Ketua DPRD Muba yang diwakili oleh Wakil Ketua Komisi I A Rahman Senen, Sekretaris Daerah Kabupaten Muba Drs H Sohan Majid MM, didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum dr H Taufik Rusydi MKes, serta SKPD di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Sekayu, Kamis (17/09).

Kepala Kejaksaan Negeri Sekayu Edi Handoyo SH mengatakan barang bukti yang dimusnahkan berupa barang bukti narkotika, ganja, ekstasi, senjata tajam dan senjata api rakitan yang semuanya telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.Berbagai barang bukti pidana tersebut antara lain 301,2 gram sabu-sabu, ganja 89,9 gram, 33 butir ekstasi, 12 pucuksenjata api rakitan, pisau 4 buah, parang 5 buah, kapak 1 buah, dan lain-lain.

Ditambahkannya, pemusnahan barang bukti ini sekaligus untuk mengantisipasi adanya penyimpangan serta penyalahgunaan barang bukti yang dilakukan oleh oknum aparat dari kejaksaan maupun kepolisian.

Sementara Ketua DPRD Muba yang diwakili oleh Wakil Ketua Komisi I A Rahman Senen menyampaikan apresiasinya atas kegiatan pemusnahan barang bukti hasil kejahatan ini. “Ini bentuk komitmen kejaksaan kepada masyarakat dalam penegakan hukum,“Imbuhnya.

Proses  pemusnahan sabu-sabu dan ganja dilakukan dengan cara dibakar di dalam drum-drum berisi minyak tanah dan bensin, sedangkan barang bukti senjata api rakitan dan senjata tajam dipotong-potong. Pemusnahan barang bukti ini diperkirakan dapat memberi dampak positif terhadap penegakan hukum secara umum dan meminimalisir kemungkinan adanya penggelapan barang bukti.

(Penulis: Evi Oktavia , Editor: Ria Permata Sari)

Online Paper Updated at: 10.13.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top