Senandung Hikmah

BUPATI PALI DAN TP-PKK TANAM SERIBU BUAH

BUPATI PALI DAN TP-PKK TANAM SERIBU BUAH

Penukal Abab Lematang Ilir –

Sebagai upaya dalam memperindah alam, Bupati PALI Ir. H. Heri Amalindo, M.M., bersama anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), menanam ribuan bibit buah. Penanaman bibit ini dilakukan di Desa Raja Barat, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ribuan penanaman bibit ini merupakan program dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten PALI.

Bupati PALI Ir. H. Heri Amalindo, M.M., kepada media mengatakan bahwa program ini merupakan kegiatan TP-PKK, “Ribuan bibit ini dibagikan secara  gratis sebanyak 1 ribu bibit buah, seperti hari ini dibagikan di Desa Raja Barat, tujuan dibagikan tanaman ini hanya membuat pekarangan rumah agar terlihat indah dan hijau, untuk setiap Kepala Keluarga (KK), mendapatkan bantuan bibit ini”, ujarnya. Selasa, (12/07/2016).

Tambahnya, “kami berharap dengan adanya bantuan tanaman bibit seperti ini bisa menghijaukan pekarangan rumah warga, dan bisa membuat sejuk udara, karena tanaman ini selain membuat suasana sejuk, asri, juga  bisa meningkatkan perekonomian rakyat di Kabupaten PALI ini”, harapnya.

Tanaman buah yang menghasilkan merupakan sektor perekonomian rakyat, seperti halnya dari sektor perkebunan dan pertanian. “Kami berharap semoga saja dengan adanya tanaman ini, bisa bermanfaat buat orang  banyak”, ujarnya.

Sementara itu, Hj. Sri Kustina Heri  Amalindo, Ketua TP-PKK PALI mengatakan, “disini TP-PKK menerapkan penanaman pohon, dan setiap Desa akan menerima bibit dari pemerintah secara langsung, dan bibit tersebut dibagikan secara gratis”, ujarnya.

“Apalagi terhadap anggota kita, setiap anggota TP-PKK diwajibkan melestarikan alam, seperti menanam pohon di pekarangan”, terang Sri.

“Saat ini juga kita ada program penanaman pohon, yang untuk saat ini kita memilih mendistribusikan yakni di Desa Raja Barat, karena memang disini penerapan program kerja TP-PKK desa dan lingkungannya sangat apik, selain itu desa ini juga memiliki tanah yang terbilang subur, yang bisa ditanami banyak macam pohon buah dan tanaman lainnya”, ungkapnya.

Apalagi Sambungnya, “Desa Raja Barat juga termasuk dalam enam besar desa terbaik, yang dinilai oleh Badan Kesehatan Lingkungan Provinsi dan akan diajukan juga ke tingkat nasional. Makanya kami  membagikan bibit pohon buah yang wajib ditanam oleh masyarakat sini yang dengan angka minimal setiap KK mendapatkan dua buah bibit”, paparnya.

Lebih lanjut di ungkapkannya, “Sebanyak 1000 pohon bibit tanaman buah sirsak, dan setiap KK atau rumah minimal mendapatkan dua buah. Untuk bibitnya sendiri kita dapat dari bantuan proposal dari Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Benakat Bukit Cogong, yang berada di Provinsi Sumatera Selatan”, tuturnya.

Anggota DPRD PALI, Aca Cholik Darlin, S.Pd.I., M.M., menyatakan bahwa  kegiatan seperti ini merupakan kegiatan positif dan harus dilestarikan oleh setiap desa. “Dengan adanya kegiatan ini semua Desa bisa menjadi contoh bagi Desa lainnya, agar supaya setiap Desa bisa jadi hijau dan asri”, harapnya.

“Kita berharap dengan adanya tanaman pohon sirsak bantuan untuk masyarakat ini, bisa membantu perekonomian rakyat, akan tetapi perlu dukungan dari seluruh Kepala Desa. Apalagi pohon ini sulit ditemukan di pedesaan, tentunya sebagai wakil rakyat kita siap mendukung program kerja pemerintah, selain itu agar ini sukses maka seluruh elemen masyarakat harus ikut mendukung juga”, pintanya.(Red).

Online Paper Updated at: 11.24.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top