Senandung Hikmah

BP3K PANDAN ENIM LATIH KOPTAN BUDIDAYA PADI ORGANIK

BP3K PANDAN ENIM LATIH KOPTAN BUDIDAYA PADI ORGANIK

Muaraenim –

Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP3K) Pandan Enim Kecamatan Tanjung Agung bekerjasama dengan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Muara Enim mengadakan pelatihan budidaya padi organik kepada Kelompok Tani (Koptan) yang ada di Kecamatan Tanjung Agung dan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim di Saung BP3K Pandan Enim. Kamis, (21/07/2016).

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, BP3K mengundang narasumber dari Dinas Pertanian Kabupaten Muara Enim. Sedangkan peserta yang diundang sebanyak 40 orang dari setiap pengurus Kelompok Tani (Koptan) yang ada di kedua wilayah itu.

Ketua BP3K Pandan Enim, Maman Suherman, S.P., mengatakan, Kecamatan Tanjung Agung mempunyai lahan yang cukup luas untuk pertanian, khususnya untuk pertanian padi organik. Sedangkan untuk sekarang ini, permintaan beras organik sangat meningkat, namun masih terkendala suplai yang masih sangat terbatas. Untuk itu, dalam hal ini pihaknya mengadakan pelatihan budidaya padi organik bagi kelompok tani yang ada.

“Jadi kegiatan pelatihan budidaya padi organik ini dalam rangka untuk meningkatkan produksi padi organik yang ada di Kecamatan Tanjung Agung dan Lawang Kidul. Untuk itu kita undang seluruh perwakilan dari para kelompok tani yang ada, jumlahnya ada 40 orang. Nah, nantinya para peserta itu harus bisa menularkan ilmunya kepada petani lain di tempatnya”, ungkap Maman.

Lanjut Maman, pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, dengan diisi berbagai materi, mulai dengan teori hingga praktek di lapangan langsung. Selanjutnya, untuk mensukseskan budidaya padi organik ini, dirinya sangat berharap ada campur tangan Pemkab Muara Enim.

“Tentunya, setelah ini nanti. Bantuan dari Pemkab Muara Enim sangat dibutuhkan untuk menunjang petani dalam memproduksi padi organik. Seperti bantuan alat pertanian maupun sarana penunjang pertanian lainnya”, imbuhnya.

Sementara itu, Camat Tanjung Agung, Drs. Saprioma, M.Si., yang diwakili sekretaris Drs. Kodrian saat membuka acara tersebut sangat mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya, pelatihan ini dalam rangka untuk meningkatkan produksi padi organik serta untuk mensejahterakan para petani di wilayahnya.

“Sangat mendukung kegiatan ini. Karena dalam rangka untuk meningkatkan produksi padi organik serta untuk mensejahterakan para petani. Sekarang padi organik dari Kecamatan Tanjung Agung sudah diminati sampai keluar daerah, untuk itu melalui kegiatan ini mudah-mudahan produksi padi organik bisa meningkat sesuai harapan kita semua”, kata Kodrian saat dibincangi media ini usai membuka acara.(eko)

Online Paper Updated at: 10.07.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top