Senandung Hikmah

163 JCH BANYUASIN IKUTI MANASIK HAJI

163 JCH BANYUASIN IKUTI MANASIK HAJI

Banyuasin –

Sebanyak 163 orang Jema’ah Calon Haji (JCH) Tahun 1437 H/ 2016 M Kabupaten Banyuasin mengikuti manasik masal di Masjid Agung Al Amir, Kamis (14/7/2016). Acara dibuka oleh Kepala Kantor melalui Kasubbag TU H. Salni Fajar, S. Ag., M. H. I didampingi Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Drs. H. Jahri AK dan para pejabat eselon IV lainnya.

Salni Fajar menyampaikan bahwa bersyukur kepada Allah SWT pada hari ini bisa melaksanakan manasik secara masal tingkat Kabupaten Banyuasin untuk melaksanakan rukun Islam ke lima atas izin Allah SWT keberangkatnya tahun ini. Adapun pelaksanaan manasik haji ini, tujuannya untuk memberikan pengetahuan kepada jama’ah calon haji, agar pelaksanaan haji itu sesuai dengan syariat rukun islam sebagaimana yang telah di ajarkan rosulullah nabi Muhammad SAW. Tentunya setiap jama’ah calon haji ini akan dibekali ilmunya ataupun memperoleh penjelasan dari masing masing pengisi materi tahun ini. “prinsifnya semangkin banyak kita belajar mengikuti manasik dari pengisi materi yang berbeda beda, semangkin banyak pula pengalaman yang kita terima atas ilmu tentang pelaksanaan ibadah haji,” ungkap Salni

Himbauan juga disampaikan Salni Fajar bahwa jama’ah harus tanamkan rasa tangungjawab dan intergritas untuk menjaga nama baik jama’ah dari Sumatera Selatan umumnya dan Kabupaten Banyuasin khususnya. tentunya disana sudah telah berbeda Negara, maka adat istiadat masyarakat bangsa arabpun berbeda pula. “Setiap jama’ah masing masing dimulailah dari sekarang agar dapat menjaga kesehatan serta menyediahkan obat obatan yang dibutuhkan,”sampainya.

Selain itu, laporan juga disampaikan oleh Kasi Haji Jahri AK pelaksanaan terkait masik haji bahwa manasi masal Jema’ah Calon Haji Kabupaten Banyuasin ini diikuti sebanyak 163 jama’ah, terdiri dari 75 orang jama’ah laki laki, dan 88 orang jama’ah perempuan. Sedangkan untuk manasik ini dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan, 2 kali ditingkat Kabupaten dan 8 kali tingkat Kecamatan dan dibagi dalam 2 zona wilayah yaitu ; Zona 1 dikecamatan Banyuasin III bertempat dimasjid Al Aziz dan zona 2 dikecamatan Betung bertempat di masjid Al Ikhwan pinjam pakai tempat.

KOPER JEMAAH
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyuasin melalui Kasi PHU Drs. H. Jahri AK akan membagikan 163 Koper Jama’ah Calon Haji (JCH) yang berangkat tahun ini. Pembagian tas tersebut, dikatakan Kasi PHU Jahri AK diruang kerjanya Rabu (13/7) menyampaikan bahwa syukur alhamdulillah tas jama’ah kita sudah sampai di Kantor Kemenag Banyuasin pada Selasa (12/7) dan siap dibagikan usai pembukaan acara manasik haji masal tingkat Kabupaten di Masjid Agung Al Amir pada Kamis hari ini.. “insyaallah kesempatan pada hari ini mereka para jama’ah Calon Haji yang berjumlah 163 buah berkumpul, dan usai pelaksanaan pembukaan manasin siap kita bagikan Koper para jama’ah haji,”terangnya. Sementara itu, penyerahan akan di koordinir oleh petugas pelaksana bagian haji Hadidah, S. Ag ataupun Nana Suherna, S. Ag., M. Si dan dibantu tenaga honorer Kartini, S. H. I yang akan mendatanya satu persatu pembagian Koper para jama’ah yang hadir.” sampai Jahri. (Faz)

Online Paper Updated at: 09.42.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top