Senandung Hikmah

BAZNAS OKU BERIKAN REWARD 10 SANTRI TERBAIK


Baturaja –

Memberantas buta aksara baca alquran, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memberikan reward kepada 10 santriwan/santriwati terbaik. Hal ini diungkapkan Ketua Baznas OKU Admiathi Somad saat menghadiri acara wisuda santri TK/TPA se-Kabupaten OKU di Gedung Kesenian Baturaja, Kamis (12/5).

Pemberian reward ini dikatakan Admiathi, sudah dilakukan Baznas OKU Sejak tiga tahun terakhir berupa uang tunai Rp300 ribu rupiah setiap bulannya. “Ini untuk memotivasi para santri supaya lebih meningkatkan kemampuan membaca dan menumbuhkan rasa cinta terhadap alquran,” ungkap Admiati kepada Detik Sumsel di sela wisuda.

Ke depan, lanjutnya, Baznas OKU berencana meningkatkan jumlah reward tersebut. Disinggung berapa besaran peningkatannya, Admiati mengatakan pihaknya masih merencanakannya. “Insyallah akan kita tambah nilainya. Tapi untuk jumlah santrinya mungkin tetap 10 orang supaya yang lain jadi termotivasi,” ujarnya.

Rencana peningkatan jumlah reward ini dikatakan Admiati bisa direalisasikan karena saat ini Baznas OKU sedang menggalakkan zakat. Menurutnya, zakat ini sudah menyentuh PNS OKU, dimana bila gajinya sudah mencapai nisab (batas ketentuan pembayaran zakat) maka wajib berzakat. Hal itu tertuang dalam Instruksi Bupati OKU Nomor 1 Tahun 2016 tentang Optimalisasi Zakat.

“Jika PNS gajinya sudah mencapai nisab, maka wajib membayar zakatnya sesuai instruksi Bupati OKU. Gaji seorang PNS per bulannya bisa mencapai Rp3.660.000. Setahun gaji mereka sudah setara 85 gram emas, maka wajib membayar zakatnya,” bebernya.

Admiati berharap dari Zakat PNS ini bisa disalurkan kepada yang membutuhkan. Disamping itu untuk keperluan lain, seperti penambahan reward yang tujuannya untuk mendakwahkan alquran, untuk kesehatan, dan kegiatan ibadah sosial lainnya. “Kita salurkan untuk yang membutuhkan dan dipergunakan untuk hal-hal yang betmanfaat,” tukasnya. (fei)

Online Paper Updated at: 10.12.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top