Senandung Hikmah

LAPAK KAYU DIAKSES JALAN MASUK PASAR PANGKALAN BALAI DIBONGKAR


Pangkalan Balai -

Sekitar 50 lapak kayu yang berada di jalan akses masuk Pasar Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin, Jumat (29/4/2016) sore ini dibongkar oleh petugas Dinas Pengelolaan Pasar Kabupaten Banyuasin.

Proses pembongkaran ini dipimpin langsung Kepala Dinas Drs M Yusuf Msi dan Kepala UPTD Pasar Pangkalan Balai Mul'in dengan melibatkan sejumlah  petugas Sat Pol PP.

Dari pantauan dilokasi, lapak yang dibongkar ini sudah dalam kondisi kosong karena para pedagang tersebut sudah sebagian pindah ke kios dan los yang sudah disediakan Pemkab Banyuasin. Memang masih ada beberapa pedagang yang masih nampak berjualan walaupun akhirnya diperingati untum pindah oleh para petugas.
Dilokasi pembongkaran ini, terlihat jelas wajah kekumuan pasar Pangkalan Balai, sampah berserakan dimana-mana bahkan selokan sudah tertutup sampah plastik dan bekas dagangan lainnya yang menimbulkan bau busuk yang cukup menyegat.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Drs M Yusuf Msi mengatakan bahwa pembongkaran ini bagian dari upaya pihaknya ntuk menghilangkan kesan kumuh di Pasar Pangkalan Balai. Dan dengan pembongkaran ini juga akses masuk ke areal pasar akan semakin tertata dan tidak semerawut. "Lapak-lapak ini berada di atas jalan karena adanya pembangunan los dan kios beberapa waktu lalu, karena sekarang proses pembangunan telah selesai maka lapak-lapak ini harus kita bongkar agar tidak semerawut dan akses jalan lebih luas,"katanya.

Dijelaskan Yusuf, rencana pembongkaran ini sendiri sudah disampaikan  kepada para pedagang melalui surat resmi pada tanggal 15 April dan mereka diberi tengat waktu untuk pindah paling lambat hari ini. "Kita sudah berikan surat pemberitahuan kepada para pedagang maka hari ini proses pembongkaran kami lakukan, dan alhamdulillah pada saat pembongkaran tadi sebagian besar lapak sudah kondisi kosong karena mereka sudah pindah ke los dan kios yang sudah disediakan,"katanya

Lapak yang di bongkar ini terang Yusuf sekitar 50 lapak dan memang ke 50 pedagang ini sudah disediakan tempat di los dan kios yang telah dibangun.  "Sedangkan untuk 8 pedagang buah dan 6 pedagang manisan belum kita bongkar, karena tempatnya akan kami sediakan terlebih dahulu, dimana nantinya mereka akan kami pindahkan didekat los dan kios yang baru dibangun dibagian dalam pasar, sedangkan untuk biaya pembuatannya tentu dibebankan dengan pedagang itu sendiri dengan catatan bentuknya harus seragam,"katanya.

Dilanjutkan Yusuf bahwa pembongkaran ini tidak akan menghilangkan hak tempat para pedagang akan tetapi cuma memindahkan lokasinya saja. "Jadi jangan kuatir, kalau pedagang itu memang terdaftar kami jamin pasti dapat tempat,"tandasnya. (Faz)

Online Paper Updated at: 11.01.00
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Poskan Komentar

 
back to top